Senin, 31 Januari 2011

Ujung Genteng, Pesona Alam Yang Menawan Hati



Sungguh, tiada daya bagi manusia yang lemah ini untuk berdiri di atas bumi Tuhan tanpa seizin-Nya.

Seringkali berdiri, seringkali duduk, seringkali terjatuh, lalu berdiri kembali, dan seringkali pula tertidur. Dan diantara siklus hidup ini, maka berkali-kali manusia mau tak mau harus bertekuk takluk kepada kebesaran Tuhan, pemilik langit dan bumi beserta seluruh isinya, Maha Menciptakan dengan segala kesempurnaan karya-Nya.


Ujung Genteng menjadi destinasi yang dipilih Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) 2010 sebagai tempat jalan-jalan akhir tahun (JAT) dalam rangka menutup kebersamaan selama satu tahun kepengurusan. Faktanya, JAT yang menjadi akhir dari kepengurusan ini, tidak akan pernah menjadi akhir cerita perjalanan BEM UI 2010, because We are a Never Ending Story.


Ujung Genteng merupakan daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 kilometer dari Ibu Kota Jakarta atau 230 kilometer dari Kota Bandung. Waktu tempuhnya sekitar enam atau tujuh jam perjalanan bermobil. Selain jalannya cukup mulus juga terdapat beberapa jalur alternatif serta sarana angkutan umum yang memadai menuju tempat tujuan. (www.ujung-genteng.info)


Berangkat dari Depok pukul 03.00 WIB, Kami sampai di Ujung Genteng sekitar pukul 12.00 WIB. Kali ini, cerita akan terpusat pada keelokan wisata di Ujung Genteng. Selama dalam perjalanan menuju Ujung Genteng, para pelancong akan menikmati indahnya pemandangan bukit-bukit yang masih asri dengan pepohonan khas perbukitan. Jalan yang berkelok dan berliku tajam membuat perjalanan tidak pernah membosankan.


Sampai disana, hamparan pantai Ujung Genteng yang indah sudah membuat mata ini terbelalak kagum. Sepanjang mata memandang, Pandai Ujung Genteng menyajikan pemandangan ombak besar dan jernih yang pecah berserak terhalang gugusan karang. Sangat indah, ditambah dengan hamparan pasir putih di pesisirnya.

Sumber: Foto Pribadi

Letak pondokan atau penginapan yang berada persis menghadap ke arah Pantai, benar-benar membuat para pelancong betah dan mudah untuk melakukan berbagai aktivitas di pantai. Namun, bagi para pelancong yang belum puas dengan keindahan pantai Ujung Genteng, bisa memilih Pantai Pangumbahan untuk tujuan selanjutnya selama berada di Ujung Genteng. Sedikit berbeda dengan Pantai Ujung Genteng, Pantai Pangumbahan menyuguhkan ombak besar yang tidak terhalang dengan gugusan karang. Ombak besar tersebut benar-benar bisa membius siapa saja yang hadir berada di Pantai Pangumbahan. Oleh karena itu, para pelancong sebaiknya berhati-hati dan waspada apabila bermain-main dengan ombak besar.

Senja di Pantai Pangumbahan

Sumber: Foto Pribadi

Pantai Pangumbahan yang berpasir lebih putih, bersih, dan halus dibanding Pantai Ujung Genteng membuat pantai ini menjadi tempat yang pas bagi Penyu untuk bertelur. Di wilayah Pantai Pangumbahan ini, terdapat tempat konservasi Penyu Hijau (Chelonia Mydas). Di tempat ini, para pelancong bisa turut serta melepas penyu ke Pantai. Bagi yang ingin melihat penyu bertelur, harus sedikit bersabar karena Penyu biasanya baru naik ke Pantai untuk bertelur sekitar pukul 22.00 malam. Dalam sekali bertelur, Penyu bisa menghasilkan sampai 70 telur.


Objek wisata lain yang harus dikunjungi oleh para pelancong adalah Curug Cikaso. Curug Cikaso merupakan Air Terjun yang sangat indah karena air dari curug ini khas berwarna hijau kebiruan bersih yang merupakan pantulan dari bebukitan hijau yang berada di sekitar Curug Cikaso. Sungai yang mengalir juga menyajikan pemandangan yang rupawan, hampir mirip seperti Green Canyon.

Curug Cikaso

Sumber: Foto Pribadi

Masih banyak objek wisata lain yang bisa dikunjungi di Ujung Genteng. Namun, karena terbatasnya waktu wisata, wisata di Ujung Genteng harus diakhiri dalam waktu dua hari saja. Jarak yang cukup jauh dan transportasi yang agak sulit membuat perjalanan wisata ke Ujung Genteng harus terencana dengan baik. Sebaiknya para pelancong menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan bagi para backpacker selama di Ujung Genteng agar memudahkan perjalanan wisatanya di Ujung Genteng.

Tidak ada komentar: