Kamis, 29 Juli 2010

Stop Playing Small!

Mungkin hari ini puncak, puncak dari segala keriuhan yang ada di benak. Belajar untuk memulai segala sesuatu melewati sebuah proses yang terus berkesinambungan. Satu demi satu yang terus dijaga adalah keterbalikannya. Terus mencoba membaliknya kemudian menanamkannya dalam sebuah konstruksi yang melekat erat kokoh pada pusat memori.

Setiap proses dipahami keterbalikannya seperti anak-anak yang sedang belajar menggambar. Ya... Mewarnai setiap lembar dengan sesuka hati, walau terkadang tak beratur warna, atau kontras bertabrakan, atau bisa jadi memang seindah yang nampak. Lagi-lagi, yang coba dipahami adalah bagaimana mereka berproses dengan sesuatu yang lekat dalam pusat memori. Membalik-balik sesukanya, memilih sekenanya, bersinergi dalam imajinasi lalu mereduksasi dalam sebuah konstruksi yang sengaja dilekatkan. Selanjutnya, berbuah hasil sebagaimana sejauh proses itu melangkah, manakala tahapan diminta kemudian terulang kembali.

Terus dan terus berproses layaknya mereka, mencoba memahami dengan runut prosesnya untuk mengawal segala sesuatu. Kian jelas nampak, proses itu akan terlihat sama saja dan terulang dalam sebuah kesadaran atas dasar konstruksi yang telah ditanamkan sebelumnya. Dalam hal itu, yang kian dipahami adalah sekuat apa konstruksi tersebut ditanamkan. Bukan hal yang tak mungkin bila konstruksi itu runtuh karena dari awal prosesnya pun tak dibangun dengan pondasi kuat, atau mungkin berawal proses dengan kuat namun dalam perjalanannya tidak bersinergi dengan proses lain yang saling menguatkan.

Apa yang coba digaris tebalkan dalam hal ini juga berkait dengan sinergisasi proses dengan pusat memori. Ini menyoal besar dan kecil. Besar dan kecil yang relatif, tapi bermakna. Bagaimana membesarkan sebuah proses yang kecil atau mengecilkan proses yang besar, sangat tergantung dari apa yang kita mungkinkan untuk lebih dominan dari keduanya. Proses besar berawal dari proses kecil, tapi yang harus dipahami bahwa proses besar itu bisa saja tidak akan pernah besar jika dalam berjalannya waktu, mengecilkan prosesnya menjadi lebih dimungkinkan dominan. Demikian pula sebaliknya.


Stop Playing Small! Yakinlah bahwa sesuatu yang besar memang harus dimulai dengan proses besar pula..

Mencoba tetap menjaga keterbalikannya, hari ini menjadi bukti. Sesuatu yang besar tidak dimungkinkan besar kalau Kita mengecilkan prosesnya.

Tidak ada komentar: